Inilah Cara Membuat Server Minecraft Tanpa Ribet

Ketika bermain game, pasti menyenangkan bukan jika bisa memiliki server sendiri? Tentu saja dengan memiliki server permainan berada di dalam kendali diri dan bebas menentukan peraturan di dalamnya. Sama halnya dengan Minecraft menyediakan fitur pembuatan server pribadi. Apakah sudah tahu caranya? Apabila belum, inilah cara membuat server Minecraft tanpa ribet.

Minecraft memang salah satu game yang seru dimainkan baik secara online maupun offline. Namun, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar ketika bermain Minecraft di server yang sudah disediakan. Pasalnya, ruang gerak yang berikan terbatas dan membuat pemain merasa tidak bebas melakukan apa saja.

Tidak hanya itu, dengan membuat server Minecraft sendiri maka pemain bebas mengundang siapa saja yang dikehendaki. Lantas, bagaimana cara membuat server Minecraft tanpa ribet? Mengingat tidak mudah untuk membuat server di dalam game ini. Untuk memudahkan pemahaman, simak penjelasan di bawah ini:

Contents

READ  Mudah Dan Anti Gagal, 2 Cara Top Up Hago Via Pulsa

1. Login ke Server Sebagai “Root” Menggunakan SSH

Cara pertama untuk membuat server di Minecraft yang pertama adalah pemain harus login ke server baru. Untuk masuk ke server ini harus login sebagai “root” lalu menggunakan. Jangan lupa untuk membuat folder baru juga untuk menyimpan data. Lalu, gunakan perintah “mkdir Minecraft”. Pastikan untuk melakukannya dengan benar.

2. Masuk ke Direktori Minecraft dan Gunakan Perintah “CD Minecraft”

Setelah cara pertama berhasil dilakukan dengan benar, maka kemudian akan muncul sebuah direktori. Apabila perintah direktori sudah muncul, langsung saja masuk ke direktori tersebut lalu gunakan perintah “CD Minecraft” Perintah ini nanti akan membawa pembuat server baru masuk ke laman selanjutnya.

3. Install Java dan Gunakan Perintah

Bagi pemain yang baru saja menginstall Minecraft versi terbaru, pastikan untuk mengunduh dan menginstall Java terlebih dahulu. Saat menginstall Java ini juga ada tahapan yang harus dilakukan dengan benar, yakni menggunakan perintah yang sudah ditentukan. Apa isi dari perintah tersebut? yakni “apt-get install default-jdk

4. Buka Port Default Minecraft

Sebelum membuka port, pemain Minecraft pemula tentu saja harus mengunduh aplikasi Minecraft lebih dahulu. Untuk memudahkan unduhan dan pembuatan server, sebaiknya gunakan perintah unduhan dengan link khusus yang bisa ditemukan di berbagai website tutorial. Kemudian, lakukan cara selanjutnya yakni membuka port default Minecraft.

5. Ubah Pengaturan Eula Menggunakan Kode Khusus

Cara membuat server Minecraft selanjutnya adalah pemain harus mengubah pengaturan Eula lebih dahulu. Saat mengubah kode ini, gunakan kode “nano eula.txt” Setelah berhasil, langsung saja mengubah pengaturannya dari “false” dan “true” untuk melanjutkan cara selanjutnya.

6. Install Screen untuk Menjalankan Minecraft

Menginstall screen ini sangat penting karena bisa memudahkan ketika menjalankan Minecraft. Sekalipun pengguna Minecraft sudah menggunakan VPS atau berjalan di layar belakang, menginstall screen ini akan berguna untuk memperlancar server. Serta, jangan lupa untuk menggunakan perintah “sudo yum install screen

7. Gunakan Perintah Screen Java yang Sudah Ditentukan

Apabila cara satu sampai dengan enam sudah dilakukan dengan benar, maka akan muncul perintah selanjutnya, yakni menggunakan screen Java. Ikuti saja perintah yang sudah diberikan, kemudian jangan lupa untuk menentukan jumlah minimum dan maksimum RAM. Hal ini merupakan salah satu keuntungan membuat server sendiri, pemain bisa menentukan kapasitas RAM yang dibutuhkan.

Ketujuh cara membuat server Minecraft tersebut khusus melalui VPS. Setiap alternatif lain yang digunakan untuk membuat servernya pasti memiliki cara-cara yang berbeda sehingga harus diperhatikan dengan benar dan teliti. Apabila tidak sabar memainkannya, segera buat server sendiri, ya?!

You May Also Like

About the Author: Putri Taurus